*MENATA AGRO WISATA DESA BARANIA SELANGKAH LEBIH MAJU*


Sinjai,- sitinaja news .com 
"Desa Barania adalah sebuah Desa yg terletak di pegunungan tepatnya di Kecamatan Sinjai barat, kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Yang mana di Desa tersebut punya kekayaan yg berlimpah dan adat istiadat yg masih terjaga.
 

Kepala Desa Barania ,Firman Maddolangeng,S.sos saat ditemui di rumah kediamannya, Senin (07/12/2020).
menjelaskan tentang progres Barania kedepanya.

" Ada empat tempat wisata yg menjadi sekala prioritas di Desa barania ini ,di antaranya  Kampung Galung yang sudah menambah penghasilan masyarakat dan PAD, Air terjun yang sementara di garap ,kawasan Agrowisata (beras merah taddaga) sekaligus memperkenalkan produk unggulan di Desa kami karna tidak bisa tumbuh di daerah lain kecuali di Desa Barania,Desa Gunung Perak dan Desa Balakia .Yang terakhir adalah tempat Camping dan arena sepeda yang
Insya Allah ini saya akan realisakan secepatnya.namun semua itu tidak terlepas dari partisipasi masyarakat ,saya sadar ini tidak semudah membalikkan telapak tangan dan butuh proses" ucapnya.
 
Firman pun menjelaskan perbedaan dan suka duka megelola wisata di perkotaan dan di Desa.Tapi langkahnya tetap optimis, yakni mensejahterakan warganya.

"Mengelola wisata diarea perkotaan dan pedesaan itu berbeda. jika dikota misalnya, pesisir pantai yang hanya tinggal di tata karna tanah milik negara, sementara di Desa butuh sosialisasi serta meyakinkan masyarakat   kalau yang akan kita bangun bisa menambah penghasilan masyarakat dan menambah penghasilan asli Desa"Kuncinya.

(M.said mattoreang)

Post a Comment

0 Comments