Mangkarani, Warga Desa Biroro Sukses Budidaya Jahe Merah

Sitinaja news.com :
Sore hari, suasana sinar matahari mulai redup, terlihat hamparan tanaman jahe merah dengan kesuburannya memikat hati bagi orang yang berkunjung ke lokasi budidaya jahe merah tersebut. Ladang jahe milik petani bernama bapak Mangkarani (45 thn)warga dusun Biroro desa Biroro kecamatan Sinjai Timur kabupaten Sinjai,(02/07/2020).

Sebelumnya, Mangkarani (Petani Jahe) bergelut sebagai peternak ayam petelur, beralih profesi jadi petani jahe merah yang sudah tiga tahun ditekuninya. Lahan lebih satu hektar ditanami jenis jahe merah dan jahe Bangkok yang tidak lama lagi pasca panen.

Mangkarani petani jahe yang sempat di temui di lokasi ladang jahenya menuturkan kepada media sitinaja news, "saya sudah tiga tahun menanam jahe merah , di tahun pertama sempat gagal panen hanya panen kisaran tiga ton dan tahun kedua baru berhasil serta tahun ketiga ini baru mau panen nampaknya cukup menjanjikan dari kesuburannya,"Tutur petani kerap di sapa bapak Mangka saat itu.

Kembali bapak Mangkarani dalam bicaranya   menyebut nama satu dua orang tetangganya juga sudah ikut menanam jahe dan bibitnya dari beliau dan tidak lama lagi juga panen. (Uya)



Post a Comment

0 Comments