Dibalik Sosok Pribadi Baharuddin Kades Era Baru, Utamakan Budaya 3S


"SIPAKATAU, SIPAKALEBBI, SIPAKAINGE,"


KIM Sitinaja : Era Baru.
Tak terasa roda kepemimpinan Kades  Era Baru Baharuddin . Kendati baru satu Priode berjalan memimpin desanya. Namun sudah banyak bukti karya nyata yang dilakukan, dan sudah banyak pembangunan yang telah dinikmati warga desa Era Baru di bawah kepemimpinannya.

Baharuddin kades Era Baru saat ditemui diruangan kantornya oleh awak media ini. Ia menuturkan bahwa dirinya menjalani kepemimpinan desa Era Baru bukan hal yang baru menurutnya. Dalam menjalankan amanah kepemimpinan sebagai kepala desa banyak hal yang perlu dijaga terutama hukum perasaan seandainya ada undang undang perasaan, "Tutur Kades Era Baru saat bincang bincang  diruangan kantornya, (2/12 /2019).

Beberapa Pembangunan yang telah dinikmati warga melalui dana ADD dan DDesa berjalan dengan baik sesuai perencanaan. Walaupun masih banyak yang perlu dibenahi yang belum masuk diperenacanaan sebelumnya. Lanjut cerita Baharuddin kades Era Baru dalam mengulas prinsip dan dalil- dalil kepemimpinan yang dijalankan dalam membangun desanya. Prinsip" SIPAKATAU, SIPAKALEBBI, SIPAKAINGE" merupakan salah satu prinsip pappaseng dari leluhurnya yang harus dilakukan kepada semua orang. Sembari Baharuddin menhela napas sambil menghisap rokok dengan santai. Ia berkata, "Sabar ada batasnya dan marah ada batasnya" dua kata  sebaliknya memiliki makna yang sama. Dari prinsip tersebut, beliau kerap berpesan kepada warganya untuk saling menjaga perasaan dan saling menghargai satu sama lain. Sebagai wujud kebersamaan dalam membangun,prinsip sipakatau, sipakalebbi, sipakainge patut diamalkan, Ujarnya. (UYA).


Post a Comment

0 Comments