Budaya Sikkiri Paccing sebagai Kearifan Lokal

Budaya SIKKIRI PACCING


KIM Sitinaja; Saotengah.

Sikkiri Paccing merupakan suatu budaya  atau kebiasaan masyarakat bugis Sinjai, dilakukan ketika  ada acara  adat pesta pengantinan .  Kebiasaan  ini  sudah turun temurun sejak dahulu kala nenek  moyang bagi suku bugis sudah dianut  yang namanya Sikkiri Paccing.

Duduk adat acara pesta pengantin ibarat sama sakralnya  dengan Sikkiri Paccing . Biasanya  dilakukan  beberapa orang dengan nuansa  nyanyian  yang penuh makna. Hal ini  dilakukan oleh masyarakat melalui kebiasaan dan hajat  oleh pemilik acara tersebut.


Keterangan salah seorang warga desa Saotengah sebagai bukti sejarah soal ”ADAT SIKKIRI” ditemui Pewarta KIM Sitinaja “ Kata orang tua dulu  ,Sikkiri terbagi tiga yakni; Sikkiri jumat, Sikkiri Paccing, Sikkiri Maudu.Kebiasaan ini dilakukan pada acara hajatnya masing masing. Kendati tradisi ini tetap bertahan . Namun zaman  berganti masa .  Kearifan local ini  sudah   hampir punah, sebagian besar daerah sudah jarang  yang  tau  tentang Adat Sikkiri.Sampai sudah banyak masyarakat local yang  masih kental kepercayaannya , terhadap kebiasaan  pada adat  pesta  yang harus di barengi  dengan kegiatan  Sikkiri,sampai memanggil orang pintar dari luar”Tutur Warga. (UYA Pewarta KIM).


Post a Comment

0 Comments